Gaes! Siapa disini yang suka ngopi hayo? Cung!
Sama, aku juga. Suka kopi, sama suka kamu. Eh! 😅
Sebagian kita ada yang suka ngopi karna ikut-ikutan temen, kok kayaknya gaul banget gitu kalau nongkrong terus pesannya kopi. Tapi ada juga yang doyan ngopi karna emang suka sama cita rasa kopinya. Kamu yang mana?

Nah,ngomongin tentang kopi nih ya, udah pernah nyeruput Kopi Bukik Apik belum?
Itu loh, kopi asli daerah-daerah Sumatera Barat yang diolah di Kelurahan Bukik Apik, Kota Bukittinggi, Sumatera Barat!
Semoga udah ya. Kalau belum?  Coba gih, dijamin nagih.

Kopi ini udah dikenal luas sejak jaman dahulu kala loh. Gak cuma di Indonesia, tapi nyampe ke mancanegara! Hmm, apakah gerangan yang bikin kopi ini begitu fenomenal dan melegenda?

Ternyata pemirsah, ini kopi bukan sembarang kopi!

Kopi ini tumbuh dan berkembang di tanah yang begitu subur, sehingga menghasilkan biji kopi yang berkualitas bagus dan bercita rasa yang beragam. Proses pembuatannya pun unik sob. Biji kopi yang udah dipetik itu dijemur dulu,lalu diproses dengan cara disangrai dalam kuali yang terbuat dari tanah liat, di aduk sampai berwarna kehitaman dan sedikit mengeluarkan minyak dan beraroma wangi. Nah, cara ini nih yang diyakini bikin aroma Kopi Bukik Apik lebih harum dan berbeda dengan kopi lain yang diolah dengan mesin modern.
Para perandang kopinya juga gak asal-asalan dalam mengolah. Mereka sangat memperhatikan takaran, suhu serta pengadukan selama proses marandang kopi berlangsung. Hmm, totalitas banget ya! Gak heran kalau kopi yang udah jadinya bisa bikin kita nagih.

Belum lagi dengan nilai kehidupan yang terkandung didalamnya, yeileh berat banget yak?! Hahaha..
Eh tapi beneran loh gaes, dari serangkaian panjang proses pengolahan Kopi Bukik Apik yang masih menggunakan cara dan alat tradisional, ini ngajarin kita nilai kehidupan tentang kesabaran, ketelatenan dan dedikasi tinggi dalam menjaga rasa.

Nah loh! Syakep gak?
Yuk, ngopi!